TUGAS 2 ETIKA BISNIS

TUGAS ETIKA BISNIS




NAMA          : MIA HIMATUL ULYA
NIM              : 01218126
KELAS         : MANAJEMEN
DOSEN PENGAMPU  : HJ.I.G.A.AJU Nityai Dharmani, SST, SE, MM.


 PT GOJEK INDONESIA

PT. Gojek Indonesia (Go-jek), pertama kali didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010. Go-Jek adalah perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. Go-Jek bermitra dengan para pengendara Ojek berpengalaman di  Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan. Tukang ojek yang bernaung di GoJek juga sudah mencapai 7.500 driver di area Jabodetabek saja.

Dengan perkembangannya yang pesat ini, kabarnya Go-Jek telah menuai prestasi sebagai Juara 1 dalam kompetisi bisnis Gobal Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) di Bali. Selain itu, Go-Jek telah memperoleh berbagai penghargaan dari komunitas bisnis maupun sosial. Di situs resminya disebutkan Go-Jek memberikan layanan jasa kurir (90 minute delivery anywhere in the city), Jasa transportasi (transparent pricing, free shower cap and masker), Jasa delivery makanan (delivering your favorite food under 60 minutes in Jabodetabek) dan Jasa belanja dengan nominal dibawah 1 juta rupiah (shop for food, ticket, medicine, anything under RP 1.000.000. we`ll pay for it first).

Layanan Go-Jek dapat dipesan melalui Go-Jek App yang bisa diunduh melalui Play Store
maupun App store. Dalam waktu 1 bulan aplikasi ini sudah berhasil mencapai 150 ribu download, dengan rating 4,4 dari 5 bintang. Untuk pembayarannya pun memiliki 2 cara yaitu cash atau menggunakan Go-Jek Credit. Go-Jek Credit adalah metode pembayaran GO-Jek yang dibuat cashless dan dapat digunakan untuk membayar semua layanan. Hingga bulan Juni 2015, aplikasi GO-JEK sudah diunduh sebanyak 400 ribu kali di Google Play pada sistem operasi Android.

Visi:
Membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Indonesia Kedepannya.

Misi:

  1. Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi.
  2. Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelanggan.
  3. Membuka Lapangan Kerja Selebar-lebarnya bagi masyarakat Indonesia.
  4. Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.
  5. Menjaga Hubungan baik dengan berbagai pihak yang terkait dengan usaha ojek online.


Dengan Visi dan Misi tersebut, Go-Jek berharap dapat ikut menstabilkan perekonomian di Indonesia kedepannya juga dapat membantu mewujudkan negara indonesia yang lebih bermartabat,Hubungi di  Kontak Dan Alamat Go-Jek.

Contoh Penerapan Etika Pada PT Gojek Indonesia.
ETIKA BAIK YANG DILAKUKAN GO-JEK
1)      Pendapatan GOJEK
Pendapatan driver pembagiannya 20/80. Kalau ada orderan misalnya harganya 100 ribu, 20 buat kantor, 80 buat kita. Jadi driver tetap dapet lebih banyak. Untuk bisa meningkatkan giat driver untuk bisa mengambil pelanggan, perusahaan Gojek memberikan perlakukan yang sangat khusus bagi drivernya. Salah satunya adalah memberikan reward bagi mereka yang sering membawa penggan.
2)      Peraturan bagi Gojek
Perusahaan Go-JEK terus memperbaiki sistem untuk memperketat pengawasan bagi drivernya. Jika tidak mentaati peraturan tersebut, maka perusahaan GO-JEK tidak segan-segan untuk memecat driver karena tak sesuai aturan.
3)      Manfaat bergabng dengan Go-Jek
Perusahaan GO-JEK berbasis telepon seluler ini, akan memberikan peluang yang besar bagi driver Gojek, untuk mendapatkan pelanggan di lokasi mana saja tanpa terikat pangkalan. Terlihat disitus resminya, Perusahan GO-JEK menyatakan bahwa seluruh calon driver GoJek akan mendapat pelatihan menyeluruh mulai penggunaan telepon seluler hingga keamanan mengemudi jaket & helm hijau ini semakin banyak mewarnai jalanan di Jakarta. Bahkan tidak tanggung-tanggung para Driver Gojek ini ada yang mengendarai motor sport dan harley. Dengan begitu semakin membuat pengguna layanan transportasi ingin merasakan naik Gojek (*dibonceng dengan moge “motor gede”).
4)      Mendapatkan Asuransi Gratis
Para driver di GoJek online akan mendapatkan asuransi gratis seperti pegawai kantoran dari perusahaan GoJek. Karena asuransi yang diberikan gratis, maka para driver GoJek tidak perlu membayar premi asuransi sendiri sebab telah ditanggung oleh perusahaan. Tentu saja, ini merupakan daya tarik tersendiri menjadi driver GoJek karena tanpa membayar premi asuransi, para driver GoJek bisa merasakan keuntungannya. Jadi, jika driver GoJek mengalami kecelakaan, biaya pengobatan dan lain-lain akan ditanggung oleh perusahan GoJek.
5)      Mendapatkan Bonus
Hal menarik selanjutnya dari GoJek ialah perusahaan GoJek yang memberikan bonus kepada driver yang rajin mencari pelanggan. Setiap menjalankan 5 kali order termasuk order untuk mengantarkan barang, seorang driver GoJek akan mendapatkan bonus sebesar Rp50.000. Bonus ini berlaku kelipatannya, jadi jika seorang driver GoJek melaksanakan 10 order, maka bonus yang akan didapatkan yaitu Rp100.000. Hal yang paling utama untuk para driver GoJek yang ingin mendapatkan bonus ialah rajinlah mengecek panggilan para pelanggan agar order yang didapatkan pun makin banyak. Tentu saja, bonus yang diberikan perusahaan GoJek ini sangat menarik perhatian orang untuk beralih pekerjaan menjadi driver GoJek.





Comments

Popular Posts